Latest News

Wiasata Benteng Pendhem ( Van den Bosch )

wisata benteng pendhem atau van den bosch ini terletak di walayah ngawi dimana tidak jauh dari alun-alun kota ngawi, di namakan benteng pendhem karena di kelilingi oleh tanggul besar berupa tanah sehingga dari luar terlihat seperti terpendam.

Seperti yang diketahui, dulu Benteng Pendhem ini ditutup untuk umum sehingga masyarakat yang ingin berkeliling melihat bangunan ini harus mengurungkan niatnya. Tapi sejak beberapa bulan lalu, Benteng van Den Bosch ini sudah dibuka untuk umum. Biaya tiket masuknya hanya Rp 1000 ditambah parkir kendaraan.
Benteng Pendhem merupakan bangunan berarsitektur Belanda. Berdiri pada tahun 1839 – 1845 oleh Van Den Bosch.

Tidak seperti bangunan zaman sekarang, Benteng ini sangat kokoh dengan tembok yang besar dan tebal. Memang cocok untuk dijadikan benteng pertahanan dari serangan musuh. Tetapi sayangnya hampir sebagian besar bangunan di Benteng Pendem ini sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Beberapa atapnya dikatakan oleh narasumber di sana hancur karena serangan pasukan Jepang.

Benteng Pendem berlokasi di Desa Pelem Ngawi. Dekat dengan Taman Makam Pahlawan. Lokasinya sangat strategis karena berada pada persimpangan sungai Bengawan Solo dan Sungai Bengawan Madiun. Cocok untuk mengawasi jalur transportasi air di sungai ini.

Ada yang unik di dalam bangunan Benteng Pendhem ini. Karena di dalamnya terdapat makam KH. Muhammad Nursalim yang telah dipugar pada tahun 1992.

sumber : kotangawi.com

berikut ini adalah beberapa foto yang saya ambil di benteng pendhem van den bosch





3 Responses to "Wiasata Benteng Pendhem ( Van den Bosch )"

  1. wisata lihat bangunan tua.. hehehe

    BalasHapus
  2. ya bener banget, biar tau sejarah ngawi....

    BalasHapus
  3. mampir gan...
    http://www.ngawionline.com/2012/07/benteng-van-den-bosch.html

    BalasHapus